Beberapa Fakta Unik Tentang JR Pass Yang Harus Anda Ketahui

Beberapa Fakta Unik Tentang JR Pass Yang Harus Anda Ketahui

Sebagaimana yang diketahui bahwa Japan Rail Pass atau JR Pass merupakan sebuah tiket khusus yang bisa memudahkan para wisatawan untuk naik transfortasi di bawah naungan Japan Railways di seluruh Jepang. Sehingga dengan memiliki satu tiket khusus ini, anda bisa naik berbagai moda tarnsfortasi dengan lebih praktis dan murah. Seperti naik bus, kereta, shinkansen, dan kapal fery milik Japan Railways.

Caranya juga sangat mudah, dimana anda cukup dengan menunjukkan tiket kepada petugas stasiun, anda sudah bisa masuk ke dalam peron dan naik kereta JR. Hal ini tentunya jauh akan lebih praktis dibandingkan harus membeli tiket setiap akan naik kereta. Anda cukup membayar di muka, lalu mendapatkan JRPAss dan bisa langsung menjelajahi Jepang.

Ketika akan membeli JR Pass, anda akan ditawari beberapa pilihan. Karena memang JR Pass ini memiliki beragam jenis tiket. Adapun 2 jenis tiket tersebut adalah JR Pas Ordinary dan JR Pass Green 1. Dan untuk JR Pass Green 1 Class (serupa dengan kelas bisnis atau eksekutif) memiliki harga yang lebih magal dibandigkan JR Pass Ordinary. Akan tetapi, anda akan dimanjakan dengan kursi yang lebih lebar dan leluasa untuk bergerak sehingga anda akan merasa lebih nyaman.

Selain itu, anda akan diminta untuk memilih 3 durasi dari tiket ini yakni durasi 7 hari, durasi 14 hari, dan durasi 21 hari. Jadi, semakin lama masa berlakunya maka akan semakin mahal juga harga JR Pass tersebut. dan tiket JR Pass Ordinary dan JR Pass Green 1 Class ini bisa anda gunakan di seluruh wilayah Jepang, dan bisa anda pesan secara online melalui Blibli.com.

Dalam hal ini, jika anda hanya akan mengunjungi beberapa area saja dan menilai JR Oass Ordinary maupun JR Pass Green 1 Class akan mubazir untuk dibeli, maka anda bisa gunakan Japan Railway yang dijual sesuai dengan areanya. Salah satu kelebihan dari membeli tiket khusus ini adalah harganya yang jauh lebih murah dibandingkan tiket JR Pass Ordinary maupun JR Pas Greem 1 Class dan anda bisa memaksimalkan penggunaannya.

Tiket Khusus ini diantaranya Hokkaido Rail Pass, JR-West Rail Pass (Kansai), All Shikoku Rail Pass, JR_West Rail Pass (Sanyo-San’in), JR Kyushu Rail Pass. Contohnya, anda hanya berkunjung ke area Osaka, Kyoto, dan Nara, tanpa harus ke Tokyo maka anda bisa membeli JR-West Rail Pass (Kansai Area).

Karena JR Pass ini hanya diperuntukkan untuk wisatawan asing (non Jepang), maka hanya bisa dibeli di luar Jepang. Dimana, JR Pass Ordinary dan JR Pass Greem 1 Class tidak bisa dibeli di Jepang. Akan tetapi, Japan Rainways melakukan percobaan dengan menjual JR Pass di Jepang hingga 31 Maret 2020. Anda juga bisa membeli JR Pass ini secara online di agen-agen resmi di Indonesia. Kemudian setelah mendapatkan “Exchange Order”, nantinya akan ditukarkan tiket yang asli saat tiba di Jepang.

Anda tidak usah khawatir saat tidak ada peron yang bisa mendeteksi tiket JR Pass anda. Karena berbeda dengan tiket pada umumnya, pemegang tiket JR Pass ini juga masuk ke peron dengn cara yang berbeda. Dalam hal ini, coba anda lihat sisi kanan maupun kiri peron, tentunya terdapat petugas stasiun. Nah, anda bisa lewat sana dengan cukup menunjukkan tiket JR Pass. Dan tunjukkan tanggal pada tiket anda karena para petugas bisa memastikan kalau tiket anda tersebut masih berlaku atau tidak. Demikianlah informasi kali ini tentang JR Pass semoga bermanfaat.